Memilih Sarung Pelapis Stir Mobil

Akhirnya, pengajuan kredit mobil mandiri diterima. Sudah resmi deh punya kendaraan pribadi yang sudah lama diimpikan. Nah, selain memberikan perlindungan tepat dengan asuransi mobil terbaik, pasti kamu tidak sabat untuk mendandani mobilmu dengan berbagai aksesoris aagar tampilannya semakin menarik. Tidak hanya aksesoris pada bagian luar mobil saja, tetapi juga akssoris untuk bagian interior mobil. Dan, pelapis stir mobil merupakan salah satu aksesoris favorit yang dipilih oleh para pemilik mobil.

Sarung Stir Mobil

Memang, menggunakan pelapis stir ini dapat membuat tampilan mobil semakin menarik. Selain itu, jika kamu memilih pelapis yang tepat, juga bisa membuatmu merasa lebih nyaman saat menyetir. Lalu, seperti apa yah sarung pelapis stir mobil yang tepat?
  • Bahan yang lembut

Pelapis stir ini terbuat dari berbagai macam bahan dan juga memiliki banyak model. Ada yang terbuat dari kain dan dilapisi dengan bulu-bulu lembut, ada juga yang terbuat dari bahan sejenis karet dan kemudian terdapat tonjolan diseputar pelapis ini dan masih banyak bahan lain yang digunakan.

Sebenarnya, pelapis paling aman adalah yang menggunakan bahan lembut, baik untuk lapisan luar yang bersentuhan langsung dengan tangan maupun untuk lapisan dalam, yang bersentuhan langsung dengan stir mobil. Alasannya, untuk mengurangi risiko tangan ataupun stir tergores pada saat kamu perlu memutar stir dengan cepat.

Sebab, ada beberapa kondisi saat menyetir dimana kamu harus melakukan respon terhadap kondisi sekitar dengan memutar stir secara cepat. Jika bagian luar bahan pelapis yang kamu gunakan kasar, maka tidak menutup kemungkinan tanganmu akan tergores dan membuat konsentrasimu terpecah. Tentunya, hal ini akan sangat berbahaya. 

Sementara, jika bagian yang kasar adalah bagian dalam, maka bisa menimbulkan goresan pada stir. Hal ini akan membuat tampilan stir menjadi kurang enak dilihat saat kamu melepas pelapis ini.

  • Tidak licin

Hal ini berkaitan erat dengan keselamatan berkendara. Pada saat berkendara, tentulah kamu akan sering memutar stir baik dalam kondisi cepat ataupun lambat. Jika pelapis stir yang kamu gunakan licin, tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan saat memutar stir. Jika bagian luar pelapis yang licin, maka bisa jadi kamu akan mengalami slip (tergelincir), khususnya saat kamu memutar stir dengan cepat. 

Sementara itu, jika bagian yang licin adalah bagian dalam, maka berisiko menyebabkan pelapis berputar namun stir tidak ikut berputar. Akibat yang ditimbulkan tentulah sangat berbahaya, sebab tidak hanya membuat stir tidak berputar saja, tetapi juga bisa membuat stir berbalik arah.

  • Ukuran sesuai

Hal lain yang menyebabkan pelapis dan stir tidak berputar secara baik yaitu ukuran pelapis yang tidak sesuai. Jika ukuran pelapis lebih besar dari ukuran stir, maka secara otomatis pelapis ini tidak merekat sempurna pada stir. Akibatnya, sama seperti pada poin sebelumnya, yaitu hanya pelapis yang berputar sementara stir tidak. 

Selain ukuran diameter, ketebalan pelapis ini juga harus diertimbangkan. Sebab, jika pelapis terlalu tebal pasti juga akan mengurangi kenyamanan saat menyetir. Sebab itulah, sebaiknya pilih pelapis stir dengan ketebalan yang sedang.

Setiap orang pasti memiliki tipe pelapis berbeda yang membuatnya merasa nyaman. Hal ini bukan masalah selama penggunaan pelapis ini tidak berdampak pada keamanan berkendara. (Vita)

0 komentar:

Poskan Komentar